![]() |
BAB 1. HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip, Dan Aspek
Geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep
Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menguraikan konsep
geografi
- Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
pengertian geografi dari berbagai pakar
-
Membandingkan
perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-
Mengidentifikasikan
konsep esensial geografi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
geografi
-
Perkembangan
ilmu geografi
-
Konsep
esensial geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life
skills, pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
|
·
Menguraikan konsep geografi
|
·
Siswa dapat Menguraikan perkembangan ilmu geografi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai pakar dari
situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
(guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran dan
pandangan tokoh. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran geografi dan
penerapannya dalam kehidupan. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
A.
Bersama-sama
menyimpulkan materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
B.
Guru
memberi tugas individu untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas
ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan berbagai pakar
mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber situs.
-
Penilaian
untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu geografi dan
konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI, S.Pd
NIP.19700130
200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip, Dan Aspek
Geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep
Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi : - Merumuskan ruang lingkup
kajian geografi
- Mengidentifikasi objek studi geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
ruang lingkup geografi
-
Menjelaskan
objek studi geografi
-
Mengidentifikasikan
konsep geografi dalam kajian geosfer
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Ruang
lingkup geografi
-
Objek
studi geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
|
·
Membedakan objek formal dan objek material dalam studi geografi.
|
·
Siswa dapat Diskusikanlah konsep geografi dalam kajian geosfer
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru
memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa manfaatnya,
serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru
mengumpulkan tugas individu berupa ringkasan materi “Hakikat Geografi” yang
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai ruang lingkup dan objek studi geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara berkelompok, siswa mendiskusikan mengenai konsep geografi dalam kajian
geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil diskusi siswa mengenai konsep geografi dalam kajian geosfer.
Bersama-sama menyimpulkan materi yang telah didiskusikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengumpulkan kesimpulan hasil diskusi kelompok masing-masing. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana aplikasi konsep geografi dalam kajian
geosfer?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama
peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan tugas
kelompok dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan bahasa yang
baik
|
|
|
|
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
||
Penilaian Individu
Peserta didik
|
||||
1.
|
Berani mengemukakan
pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah Nilai Individu
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.2. Menjelaskan Pendekatan
Geografi
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
-
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji
fenomena geosfer
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pendekatan
kajian geografi
1. Pendekatan keruangan (spatial approach)
2. Pendekatan kelingkungan (ecological approach)
3. Pendekatan kompleks kewilayahan (regional complex approach)
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi
·
Mengamati gambar dan menganalisis fenomena geosfer melalui pendekatan
geografi
|
·
Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di daerah perkotaan!
|
·
Siswa dapat Menggali informasi tentang metode/pendekatan geografi dari
berbagai referensi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa, kemudian mengabsen. Guru menanyakan mengenai materi
sebelumnya.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan mengenai metode/pendekatan geografi secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
mengenai perbedaan antara metode/pendekatan keruangan, kompleks kewilayahan,
dan ekologi dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara
individu, siswa menyampaikan analisisnya mengenai pembangunan rumah susun di
daerah perkotaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
hasil analisis siswa terhadap pembangunan rumah susun.
·
Bersama-sama
menarik kesimpulan analisis. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama menarik kesimpulan materi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi :
Analisislah mengenai pembangunan rumah susun di perkotaan!
Rubrik Penilaian
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Sikap terhadap materi pembahasan
|
|
|
|
|
Alasan atas sikap terhadap materi
pembahasan
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip, Dan Aspek
Geografi
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan
Prinsip-prinsip Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mengidentifikasi prinsip-prinsip
geografi
- Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip
geografi
- Menerapkan prinsip geografi dalam
kajian gejala geosfer
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
prinsip-prinsip geografi
-
Mengidentifikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
-
Mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Prinsip-Prinsip
Geografi
1.
Prinsip
persebaran
2.
Prinsip
timbal balik
3.
Prinsip
korologi
4.
Prinsip
penggambaran
C.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, dan pemberian
tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
fenomena geosfer
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis fenomena geosfer yang
dikaji berdasarkan keempat prinsip geografi.
|
·
Mengungkapkan kembali prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi.
|
·
Siswa dapat Menjelaskan Prinsip Geografi
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen. Guru menanyakan fenomena geosfer terbaru yang
terjadi di Indonesia.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
memberi gambar/foto fenomena geosfer sebagai contoh untuk mengaplikasikan
prinsip-prinsip geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
mengamati gambar/foto tersebut sambil membuat catatan analisisnya, kemudian
disampaikan di depan kelas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan menganalisis fenomena geosfer pada gambar/foto tersebut dengan menerapkan
prinsip-prinsip geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
· Bersama-sama menarik kesimpulan
materi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
· Guru memberi tugas kelompok untuk
membuat makalah mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
Analisislah berdasarkan prinsip geografi dan metode/pendekatan geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer tersebut. Tugas dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian
Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi dan makalah, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik
Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang prinsip-prinsip
geografi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Rubrik Penilaian Makalah
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan mengenai
fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan prinsip dan
pendekatan geografi
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan analisis terhadap
fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap isi
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
1. Memahami Konsep, Pendekatan, Prinsip, Dan Aspek
Geografi
Kompetensi Dasar : 1.4. Mendeskripsikan Aspek-aspek
Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mengidentifikasi aspek-aspek geografi
- Memberikan contoh aspek-aspek geografi
dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mengidentifikasikan
aspek-aspek geografi
-
Memberikan
contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Materi Pembelajaran
-
Aspek-Aspek
Geografi
1. Aspek fisik (alamiah)
2. Aspek sosial (kehidupan)
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan
penugasan.
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
fenomena geosfer
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati gambar fenomena geosfer sebagai contoh aspek-aspek geografi
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian berbagai referensi.
|
·
Siswa dapat Menjelaskan perbedaan mengenai aspek fisik dan aspek sosial
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan fenomena geosfer terbaru yang terjadi di Indonesia.
·
Guru
mengumpulkan tugas kelompok (makalah) yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
mengenai fenomena geosfer yang terjadi di Indonesia.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan aspek-aspek geografi dalam objek geografis. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai perbedaan antara aspek fisik dan aspek sosial geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer beserta contohnya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
dan Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek geografi tersebut
dengan menerapkan aspek-aspek dalam kajian
gejala geosfer. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru
menarik kesimpulan analisis siswa. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan
mengerjakan soal-soal evaluasi akhir bab mengenai Hakikat Geografi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Penilaian tertulis
-
Soal-soal
evaluasi pada akhir bab.
Penilaian
Performance/Sikap
-
Penilaian
saat diskusi, lihat rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang aspek-aspek
geografi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
terhadap pernyataan
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
BAB 2. JAGAT RAYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Mendeskripsikan
pengertian dan proses terjadinya
Jagat Raya
- Menjelaskan pandangan manusia mengenai
Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
pengertian Jagat Raya
-
Mendeskripsikan
proses terjadinya Jagat Raya
-
Mendeskripsikan
pandangan manusia mengenai Jagat Raya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
Jagat Raya
-
Pandangan
Manusia tentang Jagat Raya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
proses pembentukan Jagat Raya
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Carilah pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya dari situs internet!
|
·
Siswa dapat Secara kelompok, mendiskusikan tentang pandangan manusia mengenai Jagat
Raya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang benda-benda langit yang ada di Jagat Raya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat
Raya secara garis besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan
secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dari situs www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet
dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya-jawab
berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan
tokoh mengenai pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai
Jagat Raya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan
manusia mengenai Jagat Raya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan
macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya
-
Menghitung
satuan ukuran jarak di Jagat Raya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Satuan
Jarak di Jagat Raya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, kuis
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca buku dan menghitung jarak benda-benda langit di Jagat Raya dengan
menggunakan satuan ukuran jarak di Jagat Raya
|
·
Siswa dapat Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketujuh
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru
menjelaskan macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya secara garis besar. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Tanya
jawab mengenai macam-macam satuan ukuran jarak di Jagat Raya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru
memberikan tugas individu untuk menghitung satuan jarak di Jagat Raya (Kuis
Cepat Tepat). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang
dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan:
mengerjakan soal-soal evaluasi pada akhir bab mengenai Jagat Raya. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk kuis Cepat Tepat diberikan nilai 10 untuk setiap jawaban yang betul,
nilai 5 untuk siswa yang berani mengerjakan di papan tulis namun jawabannya
salah.
Rubrik
Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap pernyataan/kutipan
tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk, dan sifat
anggota Jagat Raya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
proses terjadinya anggota Jagat Raya
-
Membedakan
bentuk-bentuk anggota Jagat Raya
-
Menjelaskan
sifat-sifat anggota Jagat Raya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
- Materi Pembelajaran
-
Anggota
Jagat Raya
1. Galaksi
- Bentuk Galaksi
- Macam-macam Galaksi
- Metode Pembelajaran
Gambar jagat raya, penugasan
- Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
jagat raya
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Melihat gambar mengenai proses terjadinya Jagat Raya
|
·
Siswa dapat Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat
anggota Jagat Raya
|
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Melihat
gambar mengenai anggota Jagat Raya (Galaksi) dengan seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Buatlah
kesimpulan/ringkasannya!. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang
belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sekilas mengenai isi gambar
yang telah dilihat. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Siswa
membuat karangan secara individu mengenai isi gambar dengan mencantumkan judul
gambar dan pembuatnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mengenai isi gambar tentang anggota Jagat Raya (Galaksi).
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari isi
film
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap isi film
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
BAB 3. TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan pengertian dan proses terjadinya
Tata Surya
- Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya Tata
Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
pengertian Tata Surya
-
Mendeskripsikan
proses terjadinya Tata Surya
-
Mendeskripsikan
teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian
Tata Surya
-
Proses
Terjadinya Tata Surya
-
Teori-teori
tentang Tata Surya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca dan menyusun secara kronologis tentang proses terjadinya Tata
Surya
·
Menguraikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya
|
·
Siswa dapat Menjelaskan proses terjadinya Tata Surya
·
Siswa dapat Mendeskripsikan teori-teori tentang terjadinya Tata Surya.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan perbedaan antara Jagat Raya dan Tata Surya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan pengertian, proses
terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya secara garis besar menggunakan
peta konsep. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan secara kelompok, siswa
mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang Tata Surya dari
situs internet seperti www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Siswa membuat karangan mengenai hasil
temuannya dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan
siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses terjadinya, dan
teori-teori tentang Tata Surya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori
tentang Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan Matahari
sebagai pusat Tata Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
Matahari sebagai pusat Tata Surya
-
Mendeskripsikan
bagian-bagian Matahari
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Matahari
Pusat Tata Surya
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
Matahari sebagai pusat Tata Surya
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca buku dan diskusi kelompok
mengenai keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan sifat dan
bagian-bagian Matahari secara garis besar menggunakan gambar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan: siswa secara individu
mengerjakan uji penguasaan materi disertai pembahasan yang dikerjakan dalam
bentuk karangan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tanya-jawab mengenai uji penguasaan
materi disertai penjelasan dari guru. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari soal
uji penguasaan materi
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap materi
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan Matahari
sebagai pusat Tata Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menggambar
tata surya
-
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B. Materi Pembelajaran
-
Matahari
Pusat Tata Surya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
Matahari sebagai pusat Tata Surya
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca buku dan diskusi kelompok
mengenai keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya
|
·
Siswa dapat Mendeskripsikan bagian-bagian Matahari.
|
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
4.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan pengertian Matahari dan manfaatnya bagi kehidupan.
5. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan sifat dan
bagian-bagian Matahari secara garis besar menggunakan gambar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan: siswa secara individu menggambar
tata surya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
6. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F. Penilaian
a. Penilaian untuk tugas karangan
mengenai Matahari sebagai pusat Tata Surya.
Penilaian berdasarkan
pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik
Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Kelengkapan isi gambar
|
|
|
|
|
Kerapian gambar
|
|
|
|
|
Kedisiplinan siswa
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan jagat
raya dan tata surya
Indikator Pencapaian
Kompetensi: - Menjelaskan Planet
sebagai anggota Tata Surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
planet sebagai anggota Tata Surya
-
Mengidentifikasikan
bulan sebagai satelit bumi
-
Menjelaskan
perubahan pergerakan bulan terhadap bumi
-
Menjelaskan
komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata Surya
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Planet-planet
1.
Pengertian
planet
2.
Hukum
tentang planet
3.
Klasifikasi
planet
-
Bulan
Satelit Bumi
-
Komet,
Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid
C.
Metode Pembelajaran
Gambar mengenai planet dan tata surya,
tanya jawab, penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
mengenai planet danTata Surya
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Melihat gambar mengenai planet
|
·
Siswa dapat Menjelaskan
planet sebagai anggota Tata Surya
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua belas
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan pengertian planet dan nama-nama planet.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melihat gambar mengenai Planet dengan
seksama. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Mendiskusikan mengenai isi gambar yang
telah dilihat. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Secara individu, siswa membuat
karangan (ringkasan) mengenai materi/isi gambar dengan mencantumkan judul film
dan pembuatnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Penugasan: mengerjakan soal-soal
evaluasi pada akhir bab mengenai Tata Surya, dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
b. Penilaian untuk tugas karangan
mengenai isi gambar tentang Planet. Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian
berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa
yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari isi
film
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir
terhadap isi gambar
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang
baik
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Rubrik
Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap pernyataan/kutipan
tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
BAB 4. PEMBENTUKAN MUKA BUMI DAN PERKEMBANGANNYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendeskripsikan sejarah pembentukan
bumi
- Mengidentifikasi karakteristik lapisan
bumi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
secara kronologis mengenai sejarah pembentukan bumi
-
Menjelaskan
karakteristik lapisan bumi
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Sejarah
Pembentukan Bumi
-
Karakteristik
Lapisan Bumi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
struktur lapisan bumi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
|
·
Membaca dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
|
·
Siswa dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka
Bumi!
·
Siswa dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keempat
belas
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
mengumpulkan tugas soal evaluasi bab “Tata Surya”
·
Guru
menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan secara kronologis
mengenai sejarah pembentukan bumi dari berbagai referensi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Guru menjelaskan karakteristik lapisan
bumi dengan menggunakan gambar struktur lapisan bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan secara individu: mengerjakan
soal evaluasi akhir bab mengenai Pembentukan Muka Bumi (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Rubrik
Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengetahuan tentang fenomena geosfer
|
|
|
|
|
Pemahaman tentang materi
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis atas pernyataan/kutipan
tersebut
|
|
|
|
|
Sikap terhadap pernyataan/kutipan
tersebut
|
|
|
|
|
Alasan terhadap sikap atas
pernyataan/kutipan tersebut
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang
baik dalam analisis
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendeskripsikan sejarah pembentukan
bumi
- Mengidentifikasi karakteristik lapisan
bumi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
- Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Siswa
mampu menggambarkan lapisan-lapisan pada bumi
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Sejarah
Pembentukan Bumi
-
Karakteristik
Lapisan Bumi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar
struktur lapisan bumi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati gambar lapisan bumi dan mengidentifikasi karakteristiknya
|
·
Membaca dan menyusun secara kronologis sejarah pembentukan muka bumi
|
·
Siswa dapat Kerjakanlah soal-soal evaluasi bab tentang Pembentukan Muka
Bumi!
·
Siswa dapat Jelaskan lapisan-lapisan bumi beserta karakteristiknya!
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kelima
belas
4.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang bentuk-bentuk muka bumi.
5. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan secara kronologis
mengenai sejarah pembentukan bumi dari berbagai referensi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Guru menjelaskan karakteristik lapisan
bumi dengan menggunakan gambar struktur lapisan bumi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan secara individu: menggambar
lapisan-lapisan bumi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
6. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Rubrik
Penilaian Skala Sikap
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Kelengkapan isi gambar
|
|
|
|
|
Kerapian gambar
|
|
|
|
|
Kedisiplinan siswa
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi :
2. Memahami sejarah pembentukan bumi
Kompetensi Dasar : 2.2. Menjelaskan sejarah
pembentukan bumi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menjelaskan perkembangan bentuk muka
bumi
- Menganalisis teori tektonik lempeng
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
secara kronologis mengenai perkembangan bentuk muka bumi
-
Menjelaskan
teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa
bumi
·
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
·
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§
Kerja
keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Perkembangan
Bentuk Muka Bumi
-
Teori
Tektonik Lempeng
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi,
penugasan
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum
KTSP dan perangkatnya
-
Buku
sumber Geografi SMA – Erlangga
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
Strategi
Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sejarah pembentukan bumi
|
·
Membaca dan tanya jawab mengenai perkembangan bentuk muka bumi hingga
saat ini
·
Secara berkelompok, diskusi tentang lempeng tektonik dan kaitannya dengan
persebaran gunung api dan gempa bumi
|
·
Siswa dapat Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi
·
Siswa dapat Menganalisis teori tektonik lempeng
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
belas
1.
Kegiatan
Pendahuluan
·
Apersepsi:
guru menyapa siswa dan mengabsen.
·
Guru
menanyakan tentang pengertian lempeng.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Guru menjelaskan secara kronologis
mengenai perkembangan bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dari berbagai
referensi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tanya jawab mengenai perkembangan
bentuk muka bumi dan teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran
gunung api dan gempa bumi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Penugasan secara kelompok,
mendiskusikan posisi kepulauan Indonesia dikaitkan dengan lempeng tektonik. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai
yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Bersama-sama melakukan refleksi materi
yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
Jenis tagihan : Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Diskusi
Bahan diskusi : Bagaimana kaitan antara posisi
Kepulauan Indonesia dengan lempeng tektonik? Apa keuntungan dan kerugian yang
diperoleh Indonesia?
Lembar Penilaian diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
No
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/ Nama
peserta didik
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan tugas
kelompok dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil tugas
|
|
|
|
4.
|
Penggunaan bahasa yang
baik
|
|
|
|
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|
||
Penilaian Individu
Peserta didik
|
||||
1.
|
Berani mengemukakan
pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani menjawab
pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian:
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah SMAN 1 TORGAMBA Guru Geografi
EDDI
SONTI, S.Pd RAHMAWATI,
S.Pd
NIP.19700130 200502 1 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar